-->

Menggugat Ketidakadilan

Siapa Rahmad Mas’ud




Nama Rahmad Mas’ud memang tak asing lagi bagi warga Kota Minyak. Pemilik PT Sinar Pacific --- perusahaan yang bergerak dalam industri jasa perkapalan ini --- telah disebut-sebut sebagai “rebutan” tokoh-tokoh yang akan mencalonkan diri sebagai wali kota Balikpapan periode mendatang. Tak terkecuali Rizal Effendi dan Heru Bambang. 

Tidak kali ini saja nama pengusaha kondang yang terkenal dermawan ini, hangat menyeruak jelang pilkada. Pada pilwali Balikpapan tahun 2011 lalu, Rahmad Mas’ud juga hangat diperbincangan menjadi calon wali kota Balikpapan kala itu. Namun, dirinya pun tidak pernah menyatakan maju untuk memperebutkan posisi prestisius “wali kota Balikpapan”.

Sebagaimana yang dikutip Tabloid Gugat dalam wawancara beberapa waktu lalu, Rahmad enggan berkomentar banyak mengenai kansnya untuk bertarung dalam pilwali mendatang. “Itu satu penghormatan, tapi juga satu beban bagi saya. Kalau nama saya mau disebut-sebut ke arah politik silakan, karena takdir ini tidak bisa dilawan,” paparnya.

Rahmad sebelumnya memang pernah terjun ke panggung politik. Dia sempat mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Patriot --- partai ini tak lolos dalam verifikasi KPU dalam pemiihan umum legislatif pada tahun 2013---. Dia maju sebagai caleg dengan nomor urut dua pada pileg tahun 2004 dengan daerah pemilihan Balikpapan Barat. Namun sayang, pria berusia 38 tahun tersebut tidak dapat menikmati nikmatnya duduk di parlemen, lantaran tak lolos sebagai anggota DPRD Balikpapan.

Berbicara keinginan, diakui Rahmad, dirinya ingin menduduki posisi sebagai pejabat. Namun dia tidak terlalu berambisi untuk mendapatkan jabatan prestisius yang diidamkan banyak orang itu. Dirinya memiliki prinsip yang logis, yang lebih mempertimbangkan manfaat dan mudharat yang didapatkan.  “Saya tidak mau terlalu mengejar yang begituan. Saya harus introspeksi diri, harus punya rasional, logika, manfaat dan mudharatnya apa yang kita dapatkan, karena ini untuk kemaslahatan umat. Salah kita berbuat akhirnya semua jadi hancur,” katanya. 

Pengusaha yang kini menjabat sebagai Ketua DPC INSA Balikpapan itu juga terkenal dermawan. Hal yang terus dia pegang teguh adalah tetap berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Itulah pesan yang selalu diajarkan oleh orang tuanya. Dengan berbagi membuatnya kaya hati. 

Setiap tahunnya, melalui organisasi yang dia bangun, Rahmad Masud Center (RMC) dia selalu menyisihkan keuntungan dari usaha yang dia jalankan untuk berzakat. Pada Ramadan tahun lalu saja, Rahmad menyumbangkan zakat sebanyak Rp 2 miliar untuk fakir miskin dan kaum dhuafa yang ada di Balikpapan. Pengusaha galangan kapal mandiri ini meyakini ajaran agama yang menyebutkan semakin banyak memberi maka rezeki yang akan diberikan oleh Tuhan akan berlipat ganda. Tak hanya sepersekian persen, tetapi nilainya bisa berkali lipat dari rezeki yang diberikan kepada yang memerlukan. (RIKIP AGUSTANI)




0 Komentar untuk "Siapa Rahmad Mas’ud "

Back To Top