-->

Menggugat Ketidakadilan

Bekal Kompetensi SDM Security





Satuan Pengamanan (Satpam) atau security adalah mitra kerja kepolisian dalam menciptakan iklim kondusif yang aman dan nyaman. Karena itulah, personel security  harus dibekali dengan pengetahuan pengamanan yang baik. Jika tidak, maka penyalahgunaan pengamanan akan sangat rentan terjadi.

Dalam beberapa puluh tahun terakhir, kebutuhan akan tenaga Security di Kalimantan Timur mengalami peningkatan yang sangat signifikan, terutama di sektor pertambangan, minyak, batu bara dan gas serta sektor perkebunan. Peran serta dan keberadaan tenaga satuan pengamanan atau Satpam yang berada di berbagai perusahaan, menjadi sangat vital dalam tugas menjaga ketertiban dan keamanan, terutama di lingkungan kerja perusahaan di mana mereka ditempatkan.

Sebagai perpanjangan tangan kepolisian untuk melaksanakan tugas, peran dan fungsi kepolisian terbatas, tenaga pengamanan (Security) mengemban tugas yang cukup berat, apalagi ketika menghadapi kondisi sosial yang sangat rawan. Karena disinilah profesionalisme seorang tenaga pengamanan akan diuji, yaitu ketika menghadapi persoalan-persoalan rumit di lapangan.

Berdasarkan data dari Ditbinmas Polda Kaltim,  personel tenaga pengamanan di Kalimantan Timur saat ini berjumlah sekitar 15 ribu orang lebih. Mereka tersebar di berbagai sektor, baik pertambangan, minyak dan gas, batu bara, serta sektor perkebunan, fabrikasi, perumahan, perbankan dll. Sementara personel yang telah memiliki sertifikat Gada Pertama baru sekitar 5 ribu orang lebih. 

Itu berarti ada sekitar 10 ribu personel masih belum memenuhi standard kompetensi sebagai seorang tenaga satuan pengamanan. Oleh karena itu, sebagai Badan Usaha Jasa Pengamanan yang telah memiliki Izin Kapolri sebagai Perusahaan Penyediaan dan Pelatihan Tenaga Pengamanan, PT. Mandau Pusaka Nansarunai bertekad agar di Kalimantan Timur, minimal 500 orang per tahun diharapkan dapat mengikuti Pelatihan Dasar Gada Pratama. 

“Hal ini kami lakukan sebagai wujud dan komitmen serta tanggung jawab kami terhadap peningkatan kualitas SDM personel security. Kami bekerjasama dengan Ditbinmas Polda Kaltim, secara rutin membuka Pelatihan Dasar Gada Pratama di Kaltim dan Kaltara,” kata  Direktur Utama PT Mandau Pusaka Nansarunai  DR. Abriantinus, M.A.

Abri, sapaan akrab Abriantinus menambahkan, saat ini PT. Mandau Pusaka Nansarunai juga telah membuka kantor cabang di Kota Palangka Raya, dan di Tamiang Layang (Kabupaten Barito Timur) Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam waktu dekat juga akan membuka Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama.

Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol. Drs. Edrward Tamboto mengatakan, bahwa semua satpam atau security yang bekerja di mana pun, diimbau untuk mengikuti pelatihan dasar. Hal ini bertujuan agar para security sudah mahir mengatasi masalah-masalah, apabila ada suatu kejadian yang tidak diinginkan di perusahaan tempat mereka bekerja. 

Lebih lanjut Edward menambahkan, bagi tenaga satpam, baik yang bekerja di perkantoran maupun lokasi proyek, bagi yang belum mengikuti pelatihan dasar, hendaknya jangan sembarangan mengenakan seragam security. Sebab yang diperkenankan menggunakan seragam security, adalah mereka yang sudah memiliki Kartu Tanda Anggota. Dan KTA ini baru bisa didapat, setelah dinyatakan lulus pendidikan dasar satpam. “Apabila ada razia dari pihak kepolisian, dan ditemukan adanya seorang Satpam mengenakan seragam Satpam, namun tidak memiliki KTA, maka pihak kepolisian tidak segan-segan untuk menindaknya. Intinya semua Security wajib memiliki Kartu Tanda Anggota,” tegasnya. 

Menurut Edward, pada atribut seragam security  terdapat lambang Polda Kalimantan Timur di salah satu sisi lengan seragam security.  Tentu ini bukan hanya sekedar lambang biasa. Melainkan lambang kebesaran Kepolisian di wilayah hukum Provinsi Kalimantan Timur. Abri menjelaskan, selama menggeluti usaha ini lebih dari 5 tahun sejak berdiri tahun 2009 lalu, PT. MPN yang telah mengantongi Izin Kapolri dan juga Anggota Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) serta Anggota Asosiasi Profesi Security Indonesia (APSI) telah meluluskan ratusan siswa.

Saat ini PT. MPN telah membuka kembali pendaftaran untuk pelaksanaan Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2015. Bagi Perusahaan pengguna security yang akan mengikutsertakan personelnya maupun perorangan yang berminat, silahkan menghubungi kantor Pusat PT. MPN di Jl. MT Haryono (Ring Road)  No. 111 RT. 8 Kel. Gunung Samarinda Baru, Balikpapan. Telp. 08875301043 Fax. 0542-8830102 HP. 081349581782 (Fani) 081250582192 (Ribka). (advertorial)




0 Komentar untuk "Bekal Kompetensi SDM Security"

Back To Top